Navigation

Related Articles

Back to Latest Articles

Sering Susah Tidur? Coba Konsumsi Tanaman Herbal untuk Insomnia Ini


admin
Sering Susah Tidur? Coba Konsumsi Tanaman...
Insomnia adalah masalah tidur yang sering dialami oleh banyak orang, terutama saat tengah banyak pikiran. Untuk mengatasi masalah ini, kebanyakan orang mengandalkan obat tidur agar mereka dapat tidur dengan nyenyak. Padahal, kebiasaan tersebut dapat berisiko kesehatan.Dibanding minum obat untuk mengatasi insomnia, Anda dapat beralih ke tanaman herbal ketika susah tidur. Mengonsumsi tanaman herbal untuk insomnia tentunya lebih baik untuk kesehatan apabila dibandingkan dengan obat karena terbuat dari bahan-bahan alami. 

Apa saja tanaman herbal untuk insomnia?

Tanaman herbal untuk insomnia kerap disebut orang sebagai jamu susah tidur. Kemampuan tanaman herbal untuk mengatasi insomnia ini tidak lepas dari kandungan senyawa-senyawa  bermanfaat yang ada di dalamnya.Berbagai macam jamu susah tidur yang dapat Anda jadikan pilihan untuk mengatasi insomnia, antara lain:

1. Akar valerian

Sudah dipakai sebagai bahan jamu susah tidur selama berabad-abad, akar valerian merupakan tanaman herbal untuk insomnia yang berasal dari Eropa dan sebagian wilayah Asia. Valerian merupakan jenis bunga yang termasuk dalam keluarga Valerianaceae. Selain membantu Anda yang mengalami kesulitan untuk tidur, tanaman herbal ini juga mampu meredakan sakit kepala dan rasa gugup.Menurut penelitian yang dilakukan terhadap 27 penderita insomnia, sebanyak 89 persen dari peserta mengalami peningkatan kualitas tidur usai mengonsumsi ekstrak akar valerian. Selain itu, para peneliti tidak menemukan adanya efek samping yang muncul dari mengonsumsi akar valerian.Akar valerian umumnya tersedia dalam bentuk suplemen kapsul maupun cairan. Namun, Anda juga bisa menemukan tanaman herbal ini dalam bentuk kering dan dijual sebagai teh.

2. Buah pala

Buah pala merupakan salah satu tanaman herbal untuk insomnia

Campurkan sedikit bubuk pala ke dalam susu hangat untuk membantu tidur nyenyak

Buah pala kerap dipakai sebagai obat rumahan untuk mengatasi insomnia. Dalam uji coba yang dilakukan terhadap 251 pasien, konsumsi buah pala selama 4 minggu secara teratur membantu mengurangi risiko insomnia.Untuk mengonsumsinya, Anda dapat mencampurkan sedikit bubuk buah pala ke dalam susu hangat. Jika kurang suka dengan rasanya, jamu susah tidur ini juga bisa Anda konsumsi dengan cara dimasukkan ke dalam kapsul.

3. Daun mint 

Konsumsi daun mint dapat membantu melemaskan otot dan membuat Anda jadi lebih rileks sebelum tidur. Kemampuan tersebut berpotensi menghindarkan Anda dari mengalami susah tidur.Bagi Anda yang sensitif terhadap kafein, konsumsi daun mint adalah pilihan tepat. Tanaman herbal ini secara alami bebas dari kandungan kafein yang bagi sebagian orang memberikan efek buruk bagi kesehatan mereka.

4. Kencur

Konsumsi kencur dapat membuat tubuh maupun pikiran Anda menjadi lebih rileks. Kemampuan tersebut bisa membantu mengatasi masalah insomnia yang Anda alami. Selain dipakai sebagai jamu susah tidur, kencur juga dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker.Menurut studi tabung reaksi, senyawa galangin yang terkandung dalam kencur bisa membantu mencegah penyebaran da membunuh sel kanker. Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan efektivitas kencur untuk mengatasi kanker.

Alasan memilih tanaman herbal untuk insomnia dibanding obat

Menurut penelitian, konsumsi tanaman herbal untuk insomnia punya beberapa keunggulan dibandingkan dengan obat. Tidak seperti obat, konsumsi tanaman herbal umumnya minim akan efek samping.Selain itu, tanaman herbal terbuat dari bahan alami dan jarang menimbulkan ketergantungan seperti obat. Meskipun begitu, Anda sebaiknya memilih tanaman-tanaman yang telah lolos uji klinis supaya tahu dengan pasti apa manfaat dan risiko dari konsumsi herbal tersebut.

Catatan dari SehatQ

Tidak hanya obat, insomnia dapat diatasi dengan konsumsi tanaman herbal. Tanaman herbal untuk insomnia yang bisa Anda gunakan, mulai dari buah pala, kencur, akar valerian, hingga daun mint.Tanaman herbal lebih minim efek samping jika dibandingkan dengan obat. Namun, Anda tetap harus memilih tanaman yang telah lolos uji klinis agar tahu manfaat dan risiko konsumsi herbal tersebut secara pasti.

Show Comments (0)

Comments

Related Articles

Artikel Kesehatan

Pilihan Minuman Herbal dengan Bahan yang Ada di Dapur Anda

Minuman herbal dapat menjadi pilihan minuman sehat karena nutrisi dari rempah dan tanaman bahan dasarnya. Selain membuat minuman herbal dari jahe, kunyit, atau kayu manis, Anda...

Posted on by admin
Artikel Kesehatan

Kenali Apa Saja Tanaman Herbal yang Dapat Mencegah Covid-19

Apa saja tanaman herbal yang dapat mencegah COVID-19 mungkin terus menjadi pertanyaan banyak kalangan untuk mengatasi pandemi ini secara alami dari rumah.

Posted on by admin